Rabu, 22 Februari 2012

BUDGIE (pelopor heavy metal)


Jaman SMP dulu (sekitar taun '83) saya nemenin orang tua belanja di Pasar Senen. Pasar yang beken di waktu itu. Capek jalan saya nongkrong bentar di toko kaset. Mata saya tertuju ke salah satu sampul kaset. Gambarnya tiga orang gondrong culun. Salah seorangnya pake kacamata tebel.

Ini pasti grup rock, batin saya. Tertulis "The Best of Budgie".
Kayaknya bagus nih band, batin saya lagi. Pingin beli, tapi ga punya duit. Ah sudahlah, lain waktu aja.
Padahal jaman itu kaset cuma 750 perak...hehehe...

Waktu berlalu...25 taun kemudian.
Lagi iseng brosing internet di kantor (kantor lagi sepi order hehehe...)
Tiba-tiba ada imej yang bikin saya seperti de javu.
Tiga orang gondrong culun dengan kacamata tebel salah seorangnya. BUDGIE!!

Aaaah...pengen tau gue band macam mana ini Budgie.
Langsung klik grooveshark.com untuk dengerin lagu-lagunya.
Wuiih!! Keren maak. Itu suara gitarnya...garang abis.
Untuk ukuran band jadul ini termasuk revolusioner.

Terus klik ke Wikipedia, cari tau riwayat band ini. Ternyata band ini aktif dari taun 1967 sampai sekarang. Awalnya mengusung heavy blues. Sampe akhirnya ke heavy metal. Menurut Wiki, band ini didaulat sebagai salah satu pelopor heavy metal. Dan banyak mempengaruhi sound band-band generasi selanjutnya.
Saya heran, kok band se revolusioner ini gak ngetop di Indonesia ya?

Band ini digawangi oleh:
• Burk Shelley, si kacamata baca nan tebel: lead vocal & bass guitar
• Steve Williams: backing vocal & drums
• Craig Goldy, new member ex DIO: guitars
Band ini ngetop di era sang gitaris awal: Tony Bourge.
Yup, personilnya cuma 3 orang. Formasi yang nggak lazim di masanya. Setau saya dulu itu jamannya formasi kumplit. Vokalis, gitaris, bassis, drummer sama keyboardis.
Eh, tapi Rush juga tiga orang. ELP juga. Ah tapi tetep aja jaranglah band formasi 3 orang masa itu (hehehe keukeuh).

Lagu-lagu Budgie banyak dicover (dibawain ulang) sama grup-grup besar sekarang seperti Van Halen, Soundgarden, Metallica dll. Juga desain sampul albumnya keren-keren. Ada konsepnya lah. Beberapa dibikin oleh Roger Dean, ilustrator surealis legendaris. Si Roger ini langganannya sampul album Yes.


Breadfan (sempat dicover sama Metallica). Sumber Youtube.
Kualitas gambar saya turunin demi memudahkan uploading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar